EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Renjani, Niki Aktania (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (365Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Niki Aktania Renjani, EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran Think Pair Share atau model pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial. (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi aritmatika social. (3) pada siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran Think Pair Share atau model pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial. (4) pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran konvensional, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta yang terdiri dari 6 kelas dengan banyaknya siswa 159. Sampel yang digunakan adalah 63 siswa, yang diambil dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 14 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data kemampuan awal siswa, metode angket untuk data kreativitas belajar matematika siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan analisis variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Pair Share menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial. (2) Siswa dengan kreativitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan kreativitas belajar sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah pada materi aritmatika sosial. (3) Pada masing-masing tingkat kreativitas belajar, model pembelajaran Think Pair Share menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial. (4) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar sedang dan rendah dan siswa yang mempunyai kreativitas belajar sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah. Kata Kunci: Think Pair Share, Kreativitas, Matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 30 Aug 2015 14:43
    Last Modified: 30 Aug 2015 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16967

    Actions (login required)

    View Item