UPAYA MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERONCE MANIK-MANIK KELAS III DI SLB-BC PANCA BAKTI MULIA CAWAS KLATEN TAHUN 2014/2015

Asmoro, Handi (2015) UPAYA MENANGANI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERONCE MANIK-MANIK KELAS III DI SLB-BC PANCA BAKTI MULIA CAWAS KLATEN TAHUN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (527Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menangani perilaku hiperaktif Anak tunagrahita ringan melalui pembelajaran ketrampilan meronce manik - manik di kelas III di SLB-BC Panca Bakti Mulia Cawas Klaten tahun 2014/2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu mengajak, dengan penekanan pada peningkatan subyek penelitian ini adalah siswa kelas III semester II (dua) di SLB-BC Panca Bakti Mulia Cawas Klaten tahun 2014/2015 Tehnik pengumpulan data memakai dokumen, tes dan observasi. Teknik analisa data yaitu analisis kritis dan membandingkan tingkat hiperaktif pada siklus pra tindakan dan pada tiap siklus. Nilai rata – rata hasil belajar siswa kelas III pada pra tindakan 52,5. Siklus I terjadi peningkatan nilai hasil belajar menjadi 62,5. Siklus II nilai hasil belajar siswa kelas III 70. Keadaan siswa kelas III pada kondisi awal sebelum diadakan penelitian frekuensi kemunculan perilaku hiperaktif siswa kelas III sebanyak 22 sampai 26 kali. Guru memberikan pembelajaran keterampilan meronce mani-manik untuk mengurangi perilaku hiperaktif. Hasil penelitian Pada siklus I terjadi penurunan frekuensi kemunculan perilaku hiperaktif siswa kelas III sebanyak 12 sampai 20. Pada siklus II terjadi penurunan frekuensi kemunculan perilaku hiperaktif siswa kelas III sebanyak 6 sampai 10 kali. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran ketrampilan dengan meronce manik- manik dapat menurunkan perilaku hiperaktif siswa tunagrahita kelas III di SLB-BC Panca Bakti Mulia Cawas Klaten tahun 2014/2015. Kata kunci : Hiperaktif, Meronce, Tunagrahita

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 30 Aug 2015 14:35
    Last Modified: 30 Aug 2015 14:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16966

    Actions (login required)

    View Item