PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011)

Raida, Haifa (2015) PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (686Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh earnings management terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility serta mekanisme corporate governance dalam memoderasi pengaruh antara earnings management dengan pengungkapan CSR. Mekanisme corporate governance pada penelitian ini diukur dengan proporsi komisaris independen, jumlah komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Sedangkan untuk earnings management diukur dengan menggunakan discretionary accrual serta pengungkapan CSR diukur dengan menggunakan Corporate Social Disclosure Index (CSDI) berdasarkan item standar pelaporan Global Reporting Initiative (GRI) yang diungkapkan pada laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur selama tahun 2008-2011, dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 104 sampel. Data yang digunakan diperoleh dari laporan tahunan dan laporan berkelanjutan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 104 sampel. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara earnings management terhadap pengungkapan CSR. Komisaris independen dan kepemilikan institusional memoderasi pengaruh earnings management terhadap pengungkapan CSR. Komite audit dan kepemilikan manajerial tidak memoderasi pengaruh earnings management terhadap pengungkapan CSR.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 30 Aug 2015 13:54
    Last Modified: 30 Aug 2015 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16956

    Actions (login required)

    View Item