ANALISIS PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) (Studi kasus pemberian dana Simpan Pinjam Pokok Perempuan pada Pengusaha Perempuan di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun 2012 – 2013)

JIWANDONO, HASAN (2015) ANALISIS PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) (Studi kasus pemberian dana Simpan Pinjam Pokok Perempuan pada Pengusaha Perempuan di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun 2012 – 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (422Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah pemberian Simpan Pinjam Pokok Perempuan PNPM Mandiri Perdesaan pada UMK yang dimiliki oleh pengusaha perempuan di Kecamatan Gondangrejo, dilihat dari aspek keuntungan, omset dan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah kaum perempuan yang tergabung dalam kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kecamatan Gondangrejo. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 52 Resaponden.. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Keuntungan sebelum dan sesudah adanya dana SPP PNPM-MP berbeda signifikan pada α = 5%. Persentase perbedaan keuntungan sesudah perguliran dana dari SPP PNPM-MP yaitu meningkat sebesar 65,9%. (2) Omset sebelum dan sesudah adanya dana SPP PNPM-MP berbeda signifikan pada α = 5% Persentase perbedaan omzet sesudah perguliran dana dari SPP PNPM-MP yaitu meningkat sebesar 51,9%. (3) Jumlah tenaga kerja sebelum dan sesudah adanya dana SPP PNPM-MP berbeda signifikan pada α = 5% Persentase perbedaan jumlah tenaga kerja sesudah perguliran dana dari SPP PNPM-MP yaitu meningkat sebesar 32,7%. Rekomendasi penelitian ini adalah pemerintah diharapkan melanjutkan program SPP PNPM Mandiri atau sejenis dengan menambah aktifitas sosialisasi dan pengawasan. Kata Kunci : SPP PNPM Mandiri, Keuntungan, Omset, Tenaga Kerja, Wilcoxon Rank Test.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 30 Aug 2015 12:02
    Last Modified: 30 Aug 2015 12:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16946

    Actions (login required)

    View Item