EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN SCAFFOLDING BERBASIS MODUL PADA MATERI GEOMETRI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK KELAS XI DI KABUPATEN SRAGEN

, Hartono (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN SCAFFOLDING BERBASIS MODUL PADA MATERI GEOMETRI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK KELAS XI DI KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1351Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (0b) | Preview

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Diantara tiga model pembelajaran berikut, manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik pada materi geometri dimensi tiga: model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan scaffolding berbasis modul (TAI-S), model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), atau model pembelajaran langsung (PL)? (2) Diantara tiga kategori kemandirian belajar siswa berikut, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi geometri dimensi tiga: kemandirian belajar tinggi, kemandirian belajar sedang atau kemandirian belajar rendah? (3) Pada masing-masing kategori kemandirian belajar siswa, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi geometri dimensi tiga: model pembelajaran kooperatif tipe TAI-S, TAI atau PL? Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan analisa data menggunakan Anava dua jalan dengan sel tak sama. Sampel dri penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sragen tahun Ajaran 2012/2013, Sampel dari penelitian diambil dengan teknik stratified random sampling. Data penelitian diambil dengan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nilai Ulangan Umum Semester Gasal tahun ajaran 2012/2013. Data ini untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal populasi eksperimen dan populasi kontrol. Metode angket digunakan untuk mendapatkan data kemandirian belajar siswa. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar matematika. Data penelitian dianalisa dengan teknik analisis variansi duaifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI-S lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI-S lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan model PL. (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa dengan kemandirian belajar sedang dan rendah. Prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kemandirian belajar sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Ini berarti, kalau dilihat pada masing-masing kemandirian belajar (tinggi, sedang atau rendah), prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI-S lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Model pembelajaran TAI-S, Model pembelajaran TAI, Model pembelajaran langsung, Geometri dimensi tiga, Kemandirian belajar.

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Pasca Sarjana
      Pasca Sarjana > Magister
      Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
      Depositing User: Boby Anggit Suryawan
      Date Deposited: 30 Aug 2015 11:52
      Last Modified: 30 Aug 2015 11:52
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16943

      Actions (login required)

      View Item