PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA SLOW LEARNER KELAS V DI SD NEGERI WIROPATEN SURAKARTA

Arini, Fitri Dwi (2015) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA SLOW LEARNER KELAS V DI SD NEGERI WIROPATEN SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (819Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa slow learner kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Wiropaten Surakarta melalui penggunaan media komik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa slow learner kelas V di SD Negeri Wiropaten berjumlah lima orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert hasil belajar ranah afektif terdiri dari komponen konsep diri dan minat serta observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS 20.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar ranah afektif yang ditinjau dari skor rata-rata komponen konsep diri saat pretest yaitu 22.4 (kategori rendah) terjadi peningkatan pada hasil rata-rata posttest mencapai skor 31 (kategori sedang). Untuk komponen minat, perolehan skor rata-rata saat pretest yaitu 28.8 (kategori sedang) terjadi peningkatan saat posttest dengan capaian skor 33.4 (kategori tinggi). Hasil analisis non parametrik untuk konsep diri diperoleh Z hitung sebesar -2.023 dengan Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.043 dimana angka ini lebih kecil daripada angka probabilitas kesalahan 5% (α=0.05). Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif yang ditinjau dari komponen minat, dihasilkan Z hitung sebesar -2.032 dengan Asymp.Sig (2- tailed) sebesar 0.042 dimana angka ini lebih kecil daripada angka probabilitas kesalahan 5% (α=0.05), sehingga pada signifikansi 5% hipotesis alternatif dapat diterima. Berdasarkan hasil observasi, secara umum komponen konsep diri dan minat meningkat pada pertemuan setelah pemberian treatment dibandingkan pertemuan pertama sebelum pemberian treatment. Dari hasil analisis data dan observasi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa slow learner kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Wiropaten Surakarta. Kata kunci: Media komik, slow learner, hasil belajar ranah afektif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 30 Aug 2015 10:32
    Last Modified: 30 Aug 2015 10:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16917

    Actions (login required)

    View Item