Evaluasi Perdarahan 24 Jam Pasca Hemoroidektomi Whitehead pada Pasien yang Dipasang dan Tidak Dipasang Tampon di Kanalis Analis

Rachmanio, Nicko (2015) Evaluasi Perdarahan 24 Jam Pasca Hemoroidektomi Whitehead pada Pasien yang Dipasang dan Tidak Dipasang Tampon di Kanalis Analis. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Evaluasi Perdarahan 24 Jam Pasca Hemoroidektomi Whitehead Pada Pasien Yang Dipasang Dan Tidak Dipasang Tampon Kassa di Kanalis Analis Latar Belakang : Pemasangan tampon kassa di kanalis analis pasca operasi hemoroidektomi Whitehead untuk mencegah perdarahan pasca operasi hingga saat ini masih belum terbukti efeknya, namun hingga penelitian ini dilakukan masih banyak ahli bedah menggunakan tampon di kanalis analis pada operasi hemoroidektomi. Tujuan : Mengetahui perbedaan perdarahan 24 jam pasca operasi hemoroidektomi pada pasien yang dipasang dan tidak dipasang tampon kassa di kanalis analis. Metode : Penelitian bersifat observasional dengan rancangan Cross Sectional. Sampel penelitian terdiri dari 24 penderita hemoroid yang dilakukan hemoroidektomi Whitehead, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok I yang terdiri dari 12 penderita yang dilakukan pemasangan tampon kassa di kanalis analis dan kelompok II yang terdiri dari 12 penderita tidak dilakukan pemasangan tampon. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan Uji Fisher dengan menggunakan SPSS versi 19.0, nilai α = 0,05. Hasil : Sebaran menurut jenis kelamin laki-laki (58%) lebih banyak daripada perempuan (42%), sebaran yang paling banyak adalah rentang umur 41–60 tahun (58%). Hasil analisis statistik untuk parameter terjadinya perdarahan 24 jam pasca operasi hemoroidektomi Whitehead (p = 0,5) p > nilai α = 0,05 Simpulan : Tidak terdapat perbedaan terjadinya perdarahan 24 jam pasca operasi hemoroidektomi antara pasien yang dipasang dan tidak dipasang tampon kassa di kanalis analis. Kata kunci : Hemoroidektomi Whitehead, tampon kassa, perdarahan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RD Surgery
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 30 Aug 2015 09:35
    Last Modified: 30 Aug 2015 09:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16906

    Actions (login required)

    View Item