PROSEDUR PENGISIAN DAN PENERBITAN COOYANG DITERBITKAN OLEH DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN(DEPPERINDAG) SERTA KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI (KADIN)

Briana, Cristy (2015) PROSEDUR PENGISIAN DAN PENERBITAN COOYANG DITERBITKAN OLEH DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN(DEPPERINDAG) SERTA KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI (KADIN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (86Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam dan pemahaman mengenai proses pembuatan dan penerbitan COO oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan serta Kamar Dagang dan Industri ( Studi kasus pada PT. Mitra Kargo Indonesia ), mulai dari proses pengisian, pengajuan, verifikasi hinga penerbitan COO Metode penelitian yang digunakan adalah metode kasus, yaitu mangambil satu obyek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang dilakukan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PT.Mitra Kargo Indonesia. Data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan dan penerbitan COO dari Depperindag di PT. Mitra Kargo Indonesia telah menerapkan sistem otomatis, tahapan yang dilakukan PT. Mitra Kargo Indonesia dalam pengurusan COO yaitu mengisi data 13 data COO dalam aplikasi modul yang ada di situs resmi dan mengirimkannya ke IPSKA secara online, sedangkan proses pembuatan dan penerbitan COO dari Kadin masih menggunakan sistem manual jadi PT. Mitra Kargo Indonesia harus datang langsung ke Kadin untuk proses penerbitannya. Dari hasil penelitian diajukan beberapa saran yaitu untuk mengikuti perkembangan kebijakan yang dikeluarkan pihak IPSKA, maka sebaiknya menambah jumlah staff karyawan pada bagian COO dan meningkatkan kinerja dalam bekerja seperti ketelitian dalam mengisi Form COO agar di dapat hasil yang memuaskan. Kata kunci : COO, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Kamar Dagang dan Industri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 29 Aug 2015 20:47
    Last Modified: 29 Aug 2015 20:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16885

    Actions (login required)

    View Item