PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEMBANG MACAPAT PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Permatasari, Berti Dyah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEMBANG MACAPAT PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (501Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Tembang Macapat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match pada siswa kelas IV SDN Karangasem 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangasem 4 Surakarta yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengolahan data, penyajian data, membandingkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep Tembang Macapat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai pemahaman konsep Tembang Macapat yaitu pada kondisi awal nilai rata-rata kelas adalah 44,71 dengan persentase ketuntasan 8,82%, pada siklus I nilai rata- rata menjadi 72,14 dengan persentase 71,43%, dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,14 dengan persentase ketuntasan 88,57%. Kata kunci: pemahaman konsep Tembang Macapat, Bahasa Jawa, model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 29 Aug 2015 15:40
    Last Modified: 29 Aug 2015 15:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16876

    Actions (login required)

    View Item