PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOLA VOLI KARET DAN BOLA VOLI PLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI DITINJAU DARI TINGGI BADAN (STUDI DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG)

Setyawan, Danang Eko (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOLA VOLI KARET DAN BOLA VOLI PLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI DITINJAU DARI TINGGI BADAN (STUDI DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (144Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (309Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK DANANG EKO SETYAWAN. Al2l308009. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Bola Voli Karet dan Bola Voli Plastik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bola Voli Ditinjau Dari Tinggi Badan” (Studi di SMA Negeri l Karangrayung). Tesis. Pembimbing I : Prof. Dr. Agus Krisliyanto, M.Pd., Pembimbing II : Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr. AIFO.Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh media pembelajaran menggunakan bola voli karet dan bola voli plastik terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Karangrayung. (2) Perbedaan pengaruh tinggi badan terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Karangrayung.(3) Pengaruh interaksi antara media pembelajaran menggunakan bola voli karet dan bola voli plastik dan tinggi badan terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Karangrayung. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian faktorial 2x2. Artinya ada dua faktor yang di teliti. Faktor pertama adalah bentuk perlakuan latihan yang menggunakan bola voli karet dan bola voli plastik. Faktor yang kedua adalah tinggi badan tinggi dan tinggi badan rendah. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Karangrayung yang berjumlah 80 siswa. Hasil penelitian dari uji hipotesis dapat dideskripsikan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelompok dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan bola voli karet dan kelompok media pembelajaran menggunakan bola voli plastik, dengan nilai Fhitung = 32,491 lebih besar dari Ftabel = 3,23 dan p = 0,000 sehingga p<0,05 (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelompok dengan tinggi badan tinggi dan kelompok tinggi badan rendah, dengan nilai Fhitung = 5,715 lebih besar dari Ftabel = 3,23 dan p = 0,000 sehingga p<0,05. (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan tinggi badan terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli dengan nilai Fhitung = 4,119 lebih besar dari Ftabel = 3,23 dan p = 0,046 sehingga p<0,05 dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan seperti tersebut di bawah ini: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan bola voli karet dan kelompok media pembelajaran menggunakan bola voli plastik terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok yang memiliki tinggi badan tinggi dan kelompok yang memiliki tinggi badan rendah terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan tinggi badan terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli. Hasil belajar keterampilan bermain bola voli. Hasil belajar keterampilanbermain bola voli tertinggi pada kelompok media pembelajaran menggunakan bola voli karet pada siswa yang memiliki tinggi badan tinggi dan yang paling rendah adalah kelompok media pembelajaran menggunakan bola voli plastik pada siswa yang memiliki tinggi badan rendah. Kata kunci: Media pembelajaran, Bola voli plastik, BOla voli karet, Tinggi badan tinggi, Tinggi bada rendah, Hasil belajar keterampilan bermain bola voli.

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Pasca Sarjana
      Pasca Sarjana > Magister
      Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
      Depositing User: Azinudin Achzab
      Date Deposited: 29 Aug 2015 15:13
      Last Modified: 29 Aug 2015 15:13
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16873

      Actions (login required)

      View Item