HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERKAIT KEMAMPUAN DOSEN MENGAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Putri, Ayu Fadhilah (2015) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERKAIT KEMAMPUAN DOSEN MENGAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (902Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Prestasi belajar adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar adalah proses, sedangkan prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar. Pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal (kemampuan dosen dalam mengajar dan fasilitas belajar), juga faktor internal (efikasi diri). Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasi dan mengetahui Hubungan Persepsi Kemampuan Dosen Dalam Mengajar, Fasilitas Belajar Dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan YAPPI Sragen. Subyek dan Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriptif corelational yang bersifat korelasional, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan Stratified random sampling non proporsional yaitu jumlah subyek 60 mahasiswa tingkat I, II dan III tahun ajaran 2013/2014. Reliabilitas instrument variabel diuji dengan menggunakan Item-Total Correlation; (2) Split-Half Reliability. Alpha (  ) Cronbach. Data dianalisis dengan regresi linear ganda Hasil : 1) Ada hubungan positif meskipun secara statistik tidak signifikan antara persepsi kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar (b = 0,01 dan p = 0,078). 2) Ada hubungan negatif secara statistik signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar (b = -0,02 dan p = 0,013). 3) Ada hubungan positif meskipun secara statistik tidak signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar (b = 0,01 dan p = 0,456) Kesimpulan : Tidak ditemukan hasil yang positif tetapi secara statistik signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar. Terdapat hubungan yang positif tetapi secara statistik tidak signifikan antara persepsi kemampuan dosen dalam mengajar dan efikasi diri dengan prestasi belajar. Kata Kunci : Kemampuan dosen, fasilitas belajar, prestasi belajar, efikasi diri, persepsi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 29 Aug 2015 12:24
    Last Modified: 29 Aug 2015 12:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16859

    Actions (login required)

    View Item