PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG AKTIVITAS EKONOMI WARGA PADA SISWA KELAS IV SD N 2 JEMBANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

NURROKHMAN, HABIB AMIN (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG AKTIVITAS EKONOMI WARGA PADA SISWA KELAS IV SD N 2 JEMBANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (258Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi aktivitas ekonomi warga kelas IV SDN 2 Jembangan tahun ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jembangan tahun ajaran 2014/2015, (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis dan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jembangan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi menggunakan rancangan penelitian siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Jembangan, sejumlah 19 siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, guru dan dokumen. Alat pengumpul data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas hasil penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis meningkatkan hasil belajar IPS. Jumlah siswa yang sesuai KKM ≥68 pada siklus I sebanyak 66,70%, siklus II 77,80%, dan siklus III 97,22%. Kendala yang yang ada pada penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis dalam peningkatan hasil belajar IPS yaitu : Siswa kurang fokus dalam mengamati media grafis, siswa belum aktif bertanya, siswa belum mampu memaksimalkan sumber-sumber informasi untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, siswa kurang aktif dalam berdiskusi, siswa belum percaya diri dalam presentasi di depan kelas, siswa belum mendapatkan nilai maksimal dalam evaluasi. Sedangkan solusinya yaitu: guru memacu siswa untuk mengamati lebih fokus, guru meningkatkan stimulus bagi siswa untuk bertanya, guru membimbing siswa dalam menemukan informasi yang lebih lengkap, guru memperjelas tata cara berdiskusi yang baik, guru memupuk rasa percaya diri siswa dalam presentasi, guru memotivasi siswa agar hasil belajarnya meningkat. Simpulan penelitian ini adalah langkah-langkah pendekatan saintifik dengan media grafis yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD ditunjukkan dengan jumlah siswa mendapat nilai tuntas KKM yaitu ≥ 68 dengan prosentase ≥ 85%. Kata kunci: IPS, pendekatan saintifik, media grafis, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 29 Aug 2015 11:16
    Last Modified: 29 Aug 2015 11:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16851

    Actions (login required)

    View Item