PERILAKU KECANDUAN GAME-ONLINE DITINJAU DARI KESEPIAN DAN PENERIMAAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA PADA REMAJA DI KELURAHAN JEBRES SURAKARTA

Martanto, Aris (2015) PERILAKU KECANDUAN GAME-ONLINE DITINJAU DARI KESEPIAN DAN PENERIMAAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA PADA REMAJA DI KELURAHAN JEBRES SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (443Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan internet menyuguhkan banyak penawaran yang menarik, khususnya pada remaja masa kini, tidak sedikit remaja yang sering menggunakan internet sebagai sarana hiburan, salah satunya yaitu game-online. Perilaku kecanduan game-online banyak terjadi pada remaja yang mengalami kesepian dan biasanya di pengaruhi oleh teman-teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesepian dan penerimaan kelompok teman sebaya dengan perilaku kecanduan game-online pada remaja di Kelurahan Jebres. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang bermain game-online pada game center yang terdiri atas 58 responden. Sampling yang digunakan adalah purposive incidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku kecanduan game-online, skala kesepian, dan skala penerimaan kelompok teman sebaya. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda didapatkan nilai Fhitung 18,557 > Ftabel 3,15, P < 0,005, dan nilai R = 0,635. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu ada hubungan antara kesepian dan penerimaan kelompok teman sebaya dengan perilaku kecanduan game-online pada remaja di Kelurahan Jebres. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,403 atau 40,3%, adapun sumbangan efektif kesepian sebesar 6,41% dan sumbangan efektif penerimaan kelompok teman sebaya sebesar 33,89%. Secara parsial, terdapat hubungan antara kesepian dengan perilaku kecanduan game-online (rx1y = 0,319, P < 0,05), serta terdapat hubungan antara penerimaan kelompok teman sebaya dengan perilaku kecanduan game-online (rx2y = 0,412, P < 0,05). Kesimpulannya penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kesepian dan penerimaan kelompok teman sebaya dengan perilaku kecanduan game-online. Kata kunci: perilaku kecanduan game-online, kesepian, penerimaan kelompok teman sebaya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 29 Aug 2015 11:23
    Last Modified: 29 Aug 2015 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16847

    Actions (login required)

    View Item