PENGARUH ANNUAL REPORT AWARD (ARA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Event Study pada Perusahaan Peraih ARA 2009-2012)

Darmawan, Arif Budi (2015) PENGARUH ANNUAL REPORT AWARD (ARA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Event Study pada Perusahaan Peraih ARA 2009-2012). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (661Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai perusahaan peraih penghargaan Annual Report Award sebelum dan sesudah diumumkan penghargaan tersebut. Nilai perusahaan diukur dengan harga saham, abnormal return, dan volume perdangangan saham. Penelitian ini mengunakan event study dengan kurun waktu 5 hari sebelum pengumuman dan 1 hari saat pengumuman ditambah 5 hari setelah pengumuman. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan meraih ARA pada periode 2009-2012. Sampel tersebut dipilih dengan mengunakan purposive sampling method dan diperoleh 36 sampel. Metode analisis data mengunakan one sample t-test. Tingkat signifikansi alpha yang ditetapkan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah 5 %. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh signifikan pengumuman ARA yang menyebabkan perbedaan harga saham, abnormal return, dan volume perdangangan saham sebelum dan sesudah pengumuman. Hasil ini mengindikasikan adanya kepercayaan investor terhadap konsep good corporate governance yang melandasi penghargaan tersebut akan membuat perusahaan dikelola dengan lebih profesional dan dapat meningkatkan kesejahteraan pemiliknya. Kata kunci: Annual Report Award (ARA), harga saham, abnormal return, volume perdangangan saham.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 29 Aug 2015 10:39
    Last Modified: 29 Aug 2015 10:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16835

    Actions (login required)

    View Item