Pengaruh melemahnya nilai tukar rupiah, kenaikan suku bunga dan tingkat inflasi terhadap kondisi financial distress dengan Model Altman Z-score modifikasi (Z -score) pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2013

Sudarno, Emmania Novanda (2015) Pengaruh melemahnya nilai tukar rupiah, kenaikan suku bunga dan tingkat inflasi terhadap kondisi financial distress dengan Model Altman Z-score modifikasi (Z -score) pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3133Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menganalisa perusahaan yang terdaftar di BEI yang mengalami financial distress atau kesulitan keuangan pada tahun 2013 menggunakan metode Altman Z- -Score), dan menganalisa pengaruh melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar, kenaikan suku bunga dan tingkat inflasi terhadap kondisi financial distress yang dialami perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Sebanyak 488 perusahaan sebagai populasi, sedangkan sampel perusahaan diambil dari hasil analisis menggunakan -Score, terdapat 63 perusahaan masuk kategori grey area dan 105 perusahaan masuk dalam kategori distress. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah uji regresi dan uji hipotesis. Uji regrsi menggunakan Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji koefesien secara simultan (Uji F), Uji koefesien secara parsial (Uji T), dan Uji Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melemahnya rupiah terhadap dollar, kenaikan suku bunga, dan tingkat inflasi yang terjadi di pertengahan tahun 2013 memberikan pengaruh terhadap kondisi financial distress perusahaan yang sebagian besar berada di sektor keuangan dan perbankan. Kata kunci: financial distress -Score modifikasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Aug 2015 06:17
    Last Modified: 29 Aug 2015 06:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16830

    Actions (login required)

    View Item