IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KARYAWAN BAGIAN PRINTING & DYEING PT KUSUMAHADI SANTOSA KARANGANYAR

Suganda, Elvis Rahman (2015) IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KARYAWAN BAGIAN PRINTING & DYEING PT KUSUMAHADI SANTOSA KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3576Kb) | Preview

    Abstract

    PT Kusumahadi Santosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil dan memproduksi kain. Kesehatan dan Keselamatan tenaga kerja harus menjadi perhatian utama di semua perusahaan, hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan rasa aman pada setiap tenaga kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesadaran tenaga kerja terhadap penggunaan alat pelindung diri serta mengetahui bagaimana penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PT Kusumahadi Santosa. Obyek penelitian laporan tugas akhir ini adalah PT Kusumahadi Santosa yang beralamat di Jl. Solo Tawangmangu ,Jaten Karanganyar pada khususnya di Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi. Teknik pengumpulan data tersebut dilakukan dengan cara observasi ,wawancara dan studi pustaka. Tingkat kesadaran akan penting nya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Kusumahadi Santosa sangat kurang sebagian tenaga kerja tidak mau memakai alat pelindung diri dengan alasan tidak nyaman saat menjalankan pekerjaan padahal bahaya kecelakaan kerja selalu mengintai mereka. Dari hasil pengamatan ini maka penulis ingin memberikan saran kepada PT Kusumahadi Santosa agar lebih memperhatikan kedisiplinan penggunaan alat pelindung diri sehingga dapat meningkatkan kesadaran karyawan akan adanya bahaya di setiap melakukan pekerjaan dan penting nya penggunaan alat pelindung diri. Kata Kunci: Alat Pelindung Diri (APD),Penerapan K3.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Aug 2015 06:08
    Last Modified: 29 Aug 2015 06:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16829

    Actions (login required)

    View Item