ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, TINGKAT HUTANG, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris Perusahaan-Perusahaan Listing di BEI 2011-2012)

Astuti, Elly (2015) ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, TINGKAT HUTANG, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris Perusahaan-Perusahaan Listing di BEI 2011-2012). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, pertumbuhan perusahaan, tingkat hutang dan ukuran perusahaan terhadap konservatisme akuntansi. Pertumbuhan perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan penjualan perusahaan dalam satu tahun buku. Pengukuran tingkat hutang dilakukan dengan menggunakan DAR. Sedangkan ukuran perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah total aktiva. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari ICMD dan IDX. Dari 954 perusahaan yang listing di BEI tahun 2011 -2012, yang dapat digunakan sebagai sampel penelitian 469 perusahaan dengan metode penelitian regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Kepemilikan institusional dan tingkat pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. Tingkat hutang dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tingkat konservatisme akuntansi. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajer perusahaan akan semakin konservatif jika tingkat hutang dan ukuran perusahaan semakin besar. Kata kunci : konservatisme akuntansi, kepemilikan institusional, hutang, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Aug 2015 05:59
    Last Modified: 03 Sep 2015 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16828

    Actions (login required)

    View Item