EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suryanto, Eko (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1508Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (3) membandingkan efektivitas penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring dengan model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ”Randomized Control Group Postest Only Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Kartasura kelas X1 IPA semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas eksperimen I, kelas eksperimen II dan kelas kontrol. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa data tes dan data angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis digunakan analisis variansi (anava) satu jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring lebih efektif dibanding metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif dan aspek afektif pada materi hidrolisis garam. (2) Penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry tidak lebih efektif dibanding metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif pada materi hidrolisis garam dan penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry lebih efektif dibanding metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa aspek afektif pada materi hidrolisis garam . (3) Penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring lebih efektif dibanding model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif dan aspek afektif pada materi hidrolisis garam. Kata Kunci: Modified Free Inquiry, Peer Tutoring, efektivitas, hidrolisis garam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Aug 2015 05:31
    Last Modified: 29 Aug 2015 05:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16827

    Actions (login required)

    View Item