PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Sulistyaningsih, Eko (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (392Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan : (1) untuk meningkatkan aktivitas siswa pada materi kesetimbangan dan (2) untuk meningkatkan prestasi belajar dalam ranah kompetensi pengetahuan siswa pada materi kesetimbangan dan kompetensi sikap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 1 Sukoharjo tahun pelajaran 201 4/201 5 yang telah diberlakukan Kurikulum 2013. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi catatan terbimbing dimana pada siklus I diperoleh persentase sebanyak 69,91% dan pada siklus II diperoleh hasil 79,89%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil penilaian pada kompetensi pengetahuan. Pada kompetensi pengetahuan, ketuntasan belajar siswa dengan persentase dari 48,57% pada siklus I meningkat menjadi 97,14% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individuallized (TAI) dilengkapi catatan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi kesetimbangan pada siswa kelas XI MIA 3 SMAN 1 Sukoharjo tahun pelajaran 201 4/2015. Kata kunci : Team Assisted Individualization (TAI), catatan terbimbing, aktivitas, prestasi belajar, kesetimbangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Aug 2015 05:25
    Last Modified: 29 Aug 2015 05:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16826

    Actions (login required)

    View Item