PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ARGOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

Prayudi, Eko (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ARGOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1093Kb) | Preview

    Abstract

    Eko Prayudi. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ARGOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle dalam peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Argosari tahun ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle pada siswa kelas V SD Negeri 1 Argosari tahun ajaran 2014/2015; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle dalam peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Argosari tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 1 Argosari yang berjumlah 17 siswa. Sumber datanya berasal dari siswa, guru, peneliti, observer, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data statistik kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitiannya menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Argosari tahun ajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus baik dalam penerapan langkah maupun ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada siklus I persentase ketuntasannya 67,41%, kemudian meningkat menjadi 79,41% pada siklus II, dan kembali meningkat menjadi 91,18% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle terdiri dari delapan langkah pembelajaran; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dibuktikan dengan persentase ketuntasan siswa yang mencapai nilai KKM (70) lebih dari 85%; (3) kendala penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan media puzzle yaitu guru belum hafal langkahnya, siswa masih gaduh, dan guru kurang konsisten dalam memberikan durasi waktu. Solusinya yaitu melakukan sharing lebih mendalam, mengkondisikan siswa dengan baik, dan menentukan durasi waktu yang tepat dan konsisten. Kata kunci: Kooperatif, Two Stay Two Stray, Puzzle, Hasil Belajar, IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 29 Aug 2015 05:04
    Last Modified: 29 Aug 2015 05:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16823

    Actions (login required)

    View Item