KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI PENGEREMAN KAMPAS REM SERAT IJUK SEBAGAI SUPLEMEN MATERI KAJIAN MATA KULIAH KOMPOSIT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS

KURNIAWAN, ARIF (2015) KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI PENGEREMAN KAMPAS REM SERAT IJUK SEBAGAI SUPLEMEN MATERI KAJIAN MATA KULIAH KOMPOSIT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1001Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dalam penelitian adalah: (1) Meneliti pengaruh variasi komposisi komposit serat ijuk, kuningan (Cu-Zn), magnesium oksida (MgO), dan resin polyester terhadap koefisien gesek pada pengujian performansi pengereman dengan mesin Prony Brake. (2) Meneliti variasi komposisi komposit kampas rem berbahan serat ijuk, kuningan (Cu-Zn), magnesium oksida (MgO), dan resin polyester yang memiliki hasil pengujian koefisien gesek tertinggi jika dibandingkan dengan hasil pengujian kampas rem Indoparts? (3) Menyusun hasil penelitian ini menjadi suplemen materi bahan ajar mata kuliah komposit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan melakukan uji pengereman menggunakan mesin Prony Brake. Proses pengambilan sampel dengan replikasi, membuat empat komposisi kampas rem, setiap komposisi ada tiga pasang sampel. Data diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya pengaruh variasi komposisi komposit kampas rem berbahan serat ijuk kuningan (Cu-Zn), magnesium oksida (MgO), dan resin polyester terhadap nilai koefisien gesek pengereman pada mesin Prony Brake . Bahwa semakin banyak jumlah komposisi serat ijuk, maka koefisien gesek pengereman kampas rem semakin besar. Spesimen kampas rem 1 mempunyai nilai koefisien gesek tertinggi sebesar 0,548. (2) Semua spesimen kampas rem serat ijuk mempunyai nilai koefisien gesek di atas kampas rem Indoparts. Nilai koefisien gesek tertinggi sebesar 0,548 terjadi pada spesimen kampas rem 1 dengan prosentase serat ijuk 55%, kuningan (Cu-Zn) 15%, magnesium oksida (MgO) 20%, dan resin polyester 10%. Kampas rem Indoparts mempunyai nilai koefisien gesek sebesar 0,378. Penelitian ini membuktikan bahwa spesimen kampas rem serat ijuk lebih baik daripada kampas rem Indoparts terhadap nilai koefisien gesek pada pengujian performansi pengereman. (3) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar mata kuliah komposit. Pada mata kuliah komposit terdapat submateri komposit matrik polimer (Polymer Matrix Composites – PMC) menjelaskan tentang bahan komposit yang sering disebut polimer berpenguatan serat. Pada polimer berpenguat serat (FRP - Fibre Reinforced Polymers or Plastics) menggunakan suatu polimer berdasar resin sebagai matriknya, dan suatu jenis serat seperti kaca, karbon dan aramid (kevlar) sebagai penguatannya. Kata Kunci: Kampas Rem, Prony Brake, Komposit, Serat Ijuk, Koefisien Gesek.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 29 Aug 2015 07:13
    Last Modified: 29 Aug 2015 07:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16822

    Actions (login required)

    View Item