PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURAKARTA JURUSAN KEPERAWATAN

Sulistyowati, Eka Pradipta (2015) PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURAKARTA JURUSAN KEPERAWATAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (863Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan sirkulasi merupakan pelayanan jasa perpustakaan yang berhubungan dengan peminjaman maupun pengembalian bahan pustaka agar dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan tepat guna dan tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa perpustakaan. Ada dua sistem layanan yang dapat diterapkan dalam layanan sirkulasi yaitu dengan sistem manual dan sistem yang terotomasi. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta Jurusan Keperawatan, untuk mengetahui alasan penggunaan sistem layanan sirkulasi manual dan otomasi, dan untuk mengetahui kendala serta upaya dalam kegiatan pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta Jurusan Keperawatan. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan: metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode studi kepustakaan. Dalam penulisan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Kegiatan pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta Jurusan Keperawatan meliputi keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, pemberian sanksi, bebas pinjam, penagihan, dan statistik sirkulasi. 2) Alasan penggunaan sistem layanan sirkulasi manual dan otomasi karena ada buku lama yang datanya tidak di input ke komputer, karena data dari sistem manual dapat digunakan untuk hard file perpustakaan, apabila sewaktu-waktu terjadi trouble error dijaringan otomasinya atau terjadi listrik mati masih dapat menjalankan kegiatan pelayanan sirkulasi dengan cara manual. 3) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta Jurusan Keperawatan antara lain: kurangnya sumber daya manusia, buku sering berantakan, belum menggunakan menu pembuatan barcode, belum adanya scanner barcode, banyak buku lama yang belum terdaftar di OPAC, bila listrik mati maka kegiatan pelayanan sirkulasi secara otomasi akan terganggu, ketika komputer server jaringan internetnya terputus atau mengalami trouble. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut yaitu perlu adanya penambahan sumber daya manusia, perlu adanya shelving secara kontinyu, perlu mengoptimalkan sub menu pembuatan barcode, perlu adanya pengadaan alat scanner barcode, petugas perpustakaan perlu melakukan input data ulang, perlu adanya penyediaan genset, dan perlu adanya teknisi khusus yang dapat melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada komputer. Adapun Saran yang dapat penulis sampaikan, diantaranya adalah: 1) Penerapan sistem manual dan otomasi pada kegiatan pelayanan sirkulasi tersebut sudah cukup baik tetapi diharapkan lebih mengoptimalkan sistem otomasinya, 2) Menambah staf atau tenaga pustakawan, 3) lebih diperlancar pengadaan bahan pustakanya. Kata Kunci : Pelayanan Sirkulasi, Otomasi Perpustakaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 28 Aug 2015 22:56
    Last Modified: 28 Aug 2015 22:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16817

    Actions (login required)

    View Item