KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA

Bramantyo, Arfi (2015) KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (387Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui sejauh mana pemahaman guru ekonomi terhadap kurikulum 2013 SMA Negeri di Kota Surakarta; (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru ekonomi SMA Negeri di Kota Surakarta; (3) mengetahui usaha-usaha dan alternatif yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kurikulum 2013 SMA Negeri di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari narasumber dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis yang digunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian dimulai dari tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru ekonomi terhadap kurikulum 2013 pada SMA Negeri di Kota Surakarta secara teoritis sudah memahami; (2) kendala-kendala yang dihadapi guru ekonomi berasal dari 3 aspek yaitu dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; (3) usaha-usaha yang dilakukan guru ekonomi SMA Negeri di Kota Surakarta adalah (a) menyesuaikan tingkat kemampuan peserta didik yang ada di sekolah masing-masing dengan materi yang akan disampaikan; (b) mencari informasi mengenai kurikuum 2013 dari berbagai sumber; (c) melakukan koordinasi dengan guru-guru ekonomi mengenai materi kurikulum 2013; (d) mengikuti tahapan-tahapan sosialisasi kurikulum 2013; (e) mengadakan IHT untuk mendiskusikan tentang kurikulum 2013; (f) membuat LKS, modul, dan hand-out untuk melengkapi sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum pemahaman guru ekonomi terhadap kurikulum 2013 pada SMA Negeri di Kota Surakarta secara teoritis sudah baik meskipun dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kendala namun hal tersebut selalu diatasi agar tercipta pembelajaran yang baik sesuai dengan pedoman kurikulum 2013. Kata kunci: kesiapan guru ekonomi, kurikulum 2013

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 28 Aug 2015 22:09
    Last Modified: 02 Sep 2015 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16808

    Actions (login required)

    View Item