KOMUNIKASI PEMASARAN YAYASAN AULIYA AL-AMIN CENDIKIA UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE KONSUMEN TERHADAP SEKOLAH ALAM AULIYA KENDAL

Gadinia, Anggun (2015) KOMUNIKASI PEMASARAN YAYASAN AULIYA AL-AMIN CENDIKIA UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE KONSUMEN TERHADAP SEKOLAH ALAM AULIYA KENDAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1123Kb) | Preview

    Abstract

    Sekolah Alam merupakan jenis sekolah yang belum terlalu umum bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan cara pengajaran dengan konsep dan metode pembelajaran yang berbeda memberikan kesan yang berbeda pula bagi masyarakat. Yayasan Auliya Al Amin selaku yayasan pemilik sekolah alam Auliya Kendal pun menyadari hal itu sehingga merasa perlu adanya komunikasi pemasaran untuk membangun brand image yang positif terhadap sekolah alam. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil 11 orang narasumber yang terdiri dari enam orang dari sekolah alam Auliya dan lima orang orang tua murid sebagai konsumen. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara mendalam (indepth interview), pengamatan langsung, dan juga dokumentasi, buku, dan data-data yang terkait dengan tema penelitian. Validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data. Dalam penelitian ini digunakan teori marketing communication mix yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller yang terdiri dari delapan unsur, advertising (Iklan), sales promotion (promosi penjualan), direct marketing (penjualan), interactive/ internet marketing (pemasaran melalui internet), public relations (publikasi/ hubungan masyarakat), acara dan pengalanan, word of mouth (pemasaran mulut ke mulut), dan personal selling (penjualan tatap muka). Berdasarkan penelitian yang dilakukan di lapangan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan komunikasi pemasaran Yayasan Auliya Al Amin untuk meningkatkan brand image masyarakat terhadap sekolah alam Auliya Kendal dilakukan melalui tujuh cara pemasaran, yaitu advertising (Iklan), sales promotion (promosi penjualan), interactive/ internet marketing (pemasaran melalui internet), public relations (publikasi/ hubungan masyarakat), acara dan pengalanan, word of mouth (pemasaran mulut ke mulut), dan personal selling (penjualan tatap muka). Dalam usahanya untuk menciptakan brand image masyarakat, Yayasan Auliya Al Amin memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen melalui fasilitas, kinerja staff yang baik serta dekat dengan konsumen. Kata kunci: Komunikasi, Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Brand Image, Sekolah Alam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 28 Aug 2015 19:51
    Last Modified: 28 Aug 2015 20:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16796

    Actions (login required)

    View Item