PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED CYCLE-LEARNING (PBC-L) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MATA KULIAH BIOKIMIA MATERI LIPID PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNS

Nugroho, Anwari Adi (2015) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED CYCLE-LEARNING (PBC-L) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MATA KULIAH BIOKIMIA MATERI LIPID PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1335Kb) | Preview

    Abstract

    Model Problem Based Cycle-Learning (PBC-L) merupakan pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning yang dipadukan dengan model LC 7E. Penelitian dan pengembangan model PBC-L bertujuan untuk: 1) mengembangkan model PBC-L yang diimplementasikan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS, 2) mengetahui kelayakan model PBC-L yang diimplementasikan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS, 3) mengetahui keefektifan model PBC-L terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R & D) mengacu pada model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dengan tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk awal, uji lapangan terbatas, revisi produk kedua, uji lapangan operasional, revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi dengan rincian 33 mahasiswa untuk penelitian dan pengumpulan informasi, 10 mahasiswa untuk tahap uji lapangan terbatas dan 69 mahasiswa untuk tahap uji lapangan operasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji t (t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) pengembangan model PBC-L dilakukan dengan memperhatikan karakteristik dari model yaitu adanya sintaks, sistem sosial, sistem pendukung, peran dan tugas dosen , dampak instruksional, dan dampak pengiring, 2) hasil pengembangan model PBC-L layak untuk diterapkan pada materi lipid. Kelayakan model pembelajaran model PBC-L berdasarkan penilaian validasi ahli terhadap model PBC-L beserta perangkatnya memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Hasil validasi praktisi terhadap perangkat pembelajaran memperoleh nilai dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba terbatas oleh mahasiswa terhadap model PBC-L, LKM dan materi memperoleh nilai dengan kategori baik, 3) model PBC-L efektif memberdayakan hasil belajar mahasiswa. Hasil Uji statistik pada hasil belajar kognitif menunjukkan ada perbedaan yang signifikan (sig 0,00 < 0,05) dengan nilai pada kelas implementasi lebih tinggi dibandingkan kelas baseline. Rataan nilai kognitif kelas implementasi yaitu 71,03 dan pada kelas baseline 58,46, rataan nilai afektif pada kelas implementasi adalah 82,74 dan pada kelas baseline 75,48, dan rataan nilai psikomotor pada kelas implementasi 79,21 dan pada kelas baseline 74,76. Kata kunci : problem based learning, learning cycle, model PBC-L.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Pasca Sarjana
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 01 Sep 2015 19:54
    Last Modified: 01 Sep 2015 19:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16792

    Actions (login required)

    View Item