PENINJAUAN KEMBALI TERHADAP PUTUSAN PRAPERADILAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN TENTANG TIDAK SAHNYA PENGHENTIAN PENYIDIKAN OLEH BADAN RESERSE KRIMINAL POLRI DALAM PERKARA PENGGELAPAN DAN PENIPUAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR :87 K/PID/2013)

Maharani, Cyntia Citra (2015) PENINJAUAN KEMBALI TERHADAP PUTUSAN PRAPERADILAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN TENTANG TIDAK SAHNYA PENGHENTIAN PENYIDIKAN OLEH BADAN RESERSE KRIMINAL POLRI DALAM PERKARA PENGGELAPAN DAN PENIPUAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR :87 K/PID/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1716Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Cyntia Citra Maharani. 2015. E0011073. PENINJAUAN KEMBALI TERHADAP PUTUSAN PRAPERADILAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN TENTANG TIDAK SAHNYA PENGHENTIAN PENYIDIKAN OLEH BADAN RESERSE KRIMINAL POLRI DALAM PERKARA PENGGELAPAN DAN PENIPUAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR: 87 K/PID/2013). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan dalam putusan Mahkamah Agung Nomor: 87 K/PID/2013. Permasalahan yang dikaji yaitu kesesuaian peninjauan kembali terhadap putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tentang tidak sahnya penghentian penyidikan oleh Badan Reserse Kriminal Polri dalam perkara penggelapan dan penipuan, serta pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus permohonan tersebut dengan KUHAP. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Penulis menggunakan pendekatan kasus dan perundang-undangan. Jenis dan sumber bahan hukum penelitian ini meliputi bahan hukum primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan bahan hukum berupa studi kepustakaan atau dokumen. Instrumen penelitian berupa KUHP, KUHAP, dan peraturan perundang-undangan terkait, serta Putusan Mahkamah Agung No.87 K/Pid/2013. Teknis analisis yang digunakan adalah metode silogisme (deduktif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan peninjauan kembali terhadap putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tentang tidak sahnya penghentian penyidikan oleh Badan Reserse Kriminal Polri dalam perkara penggelapan dan penipuan sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP. Begitu juga dengan pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus permohonan peninjauan kembali tersebut. Kata Kunci: Peninjauan Kembali, Putusan Praperadilan, Penghentian Penyidikan, KUHAP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 28 Aug 2015 16:32
    Last Modified: 28 Aug 2015 16:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16781

    Actions (login required)

    View Item