PENGEMBANGAN MEDIA GAME SENYAWA HIDROKARBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI DI SMA BATIK 1 SURAKARTA DAN SMA BATIK 2 SURAKARTA

SUMADI, CONNY DIAN (2015) PENGEMBANGAN MEDIA GAME SENYAWA HIDROKARBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI DI SMA BATIK 1 SURAKARTA DAN SMA BATIK 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (731Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Conny Dian Sumadi. “PENGEMBANGAN MEDIA GAME SENYAWA HIDROKARBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI DI SMA BATIK 1 SURAKARTA DAN SMA BATIK 2 SURAKARTA” Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2015. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran berupa game Senyawa Hidrokarbon dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan metode penelitian mengacu pada penelitian R&D menurut Borg & Gall yang direduksi dari 10 langkah menjadi 7 langkah. Prosedur yang dilakukan adalah 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal 5) revisi produk 6) uji coba lapangan dan 7) penyempurnaan produk. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII untuk uji coba lapangan awal dan kelas XI untuk uji coba lapangan di SMA Batik 1 dan SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengujian menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi Senyawa Hidrokarbon untuk kelas XI di SMA Batik 1 dan SMA Batik 2 Surakarta dapat dikembangkan menggunakan metode R&D menurut Borg & Gall yang direduksi dengan hasil berupa game Senyawa Hidrokarbon. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media tersebut memiliki kriteria sangat baik dengan kelayakan pengoperasian sebesar 86,00%, kelayakan isi dan kelayakan desain sebesar 85%. Nilai rata-rata Ulangan Tengah Semester (UTS) peserta didik kelas XI MIA 4 di SMA Batik 1 Surakarta meningkat dari 60,26% menjadi 81,58% setelah dilakukan pembelajaran ulang dengan media game senyawa hidrokarbon sedangkan di SMA Batik 2 Surakarta pada kelas XI MIA 3 nilai rata-rata UTS adalah dari 42,86% menjadi 67,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pada game senyawa hidrokarbon dapat dikembangkan menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall yang direduksi dari 10 langkah menjadi 7 langkah dengan dan media pembelajaran berupa game senyawa hidrokarbon memiliki kelayakan yang baik. Kata Kunci: game, research and development, senyawa hidrokarbon.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 28 Aug 2015 16:21
    Last Modified: 28 Aug 2015 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16780

    Actions (login required)

    View Item