Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tohudan dalam Pemerintahan Desa Tohudan (Studi Terhadap Pemerintahan Desa Tohudan Kecamatan Colomadu)

Falahiyati, Amalia Nur (2015) Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tohudan dalam Pemerintahan Desa Tohudan (Studi Terhadap Pemerintahan Desa Tohudan Kecamatan Colomadu). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (901Kb) | Preview

    Abstract

    BPD desa Tohudan merupakan lembaga legislatif desa dalam pemerintahan Desa Tohudan sejak diberlakukannya otonomi daerah. Peranan BPD Desa Tohudan adalah: menetapkan peraturan desa bersama Kepala Desa, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa Tohudan, BPD sebagai mitra Kepala Desa, dan Membentuk panitia pemilihan Kepala Desa. Rumusan masalah penelitian ini : 1) Bagaimana peranan BPD Desa Tohudan dalam pemerintahan Desa Tohudan? 2) Apa saja faktor penghambat BPD Desa Tohudan dalam menyelenggarakan pemerintahan Desa Tohudan? Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan 4 fungsi BPD sesuai dengan Perda no. 25 Tahun 2006 Keempat fungsi tersebut adalah : 1) Menetapkan peraturan Desa bersama dengan Kepala Desa 2) Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat 3) BPD sebagai mitra Kepala Desa 4) Membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi data, teknik analisis menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pada BPD Desa Tohudan telah melakukan keempat perannya dengan baik. BPD Desa Tohudan berperan dengan baik dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga legislative yang berfungsi: 1) Menetapkan peraturan Desa bersama dengan Kepala Desa 2) Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat 3) BPD sebagai mitra Kepala Desa 4) Membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa Namun, karena ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh BPD Desa Tohudan maka membuat peran BPD menjadi sedikit kurang maksimal. Hambatan itu muncul baik dari anggota BPD maupun dari faktor luar anggota dan masyarakat. Kata Kunci : Peran, Badan Permusyawaratan Desa , Pemerintah Desa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    J Political Science > JF Political institutions (General)
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 28 Aug 2015 15:22
    Last Modified: 05 Sep 2015 11:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16774

    Actions (login required)

    View Item