PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, CORPORATE GOVERNANCE, DAN KOMPENSASI BONUS TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2008-2012)

Narasetya, Allouisius Tanamera (2015) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, CORPORATE GOVERNANCE, DAN KOMPENSASI BONUS TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2008-2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (491Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, corporate governance, dan kompensasi bonus terhadap manajemen laba. Indikator untuk mengukur corporate governance adalah ukuran dewan direksi, tenure direksi, kepemilikan manajerial, dan kualitas audit. Sedangkan manajemen laba diukur menggunakan discretionary accrual model Dechow et al (1995). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2008-2012. Sampel dipilih menggunakan tehnik purposive sampling sejumlah 20 perusahaan manufaktur per tahun. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisa regresi. Hasil penelitian menunjukkan ukuran perusahaan dan tenure direksi secara signifikan berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikan manajerial signifikan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Hasil lain mencatatkan bahwa ukuran dewan direksi, kualitas audit, dan kompensasi bonus tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Manajemen laba, ukuran perusahaan, corporate governance, kompensasi bonus, perusahaan manufaktur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 28 Aug 2015 15:18
    Last Modified: 28 Aug 2015 15:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16773

    Actions (login required)

    View Item