PENILAIAN TINGKAT KEPUASAN KONSESIONER TERHADAP KUALITAS PELAYANAN NON AERONAUTIKA DI BANDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA

Maulana, Ahmad (2015) PENILAIAN TINGKAT KEPUASAN KONSESIONER TERHADAP KUALITAS PELAYANAN NON AERONAUTIKA DI BANDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (935Kb) | Preview

    Abstract

    Keberhasilan suatu perusahaan jasa tentunya sangat ditentukan oleh usaha yang dilakukan perusahaan untuk meraih suatu kepuasan kepada pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan perusahaan jasa PT. Angkasa Pura I (Persero) Surakarta dalam upaya peningkatan kepuasan pelanggannya berdasarkan pada dimensi responsiveness (ketanggapan), reability (keandalan), emphaty (empati), assurance (jaminan) dan Tangibles (buktilangsung). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Peneliti mengambil objek penelitian yaitu konsesioner atau mitra usaha yang beroperasi di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Dengan metode wawancara tersebut, peneliti mengambil 2 konsesioner dari 3 jenis usaha. 3 jenis usaha tersebut adalah perusahaan food and beverage, perusahaan service dan perusahaan retail untuk dijadikan sebagai narasumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat dketahui bahwa mayoritas konsesioner menganggap seluruh atribut dimensi kualitas jasa adalah penting dan memberikan penilaian baik terhadap seluruh atribut dimensi kualitas jasa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah PT. Angkasa Pura I (Persero) Surakarta hendaknya terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan yang sebaik-baiknya bagi konsesioner. Pada faktor Kecepatan petugas lapangan dalam menyelesaikan keluhan pelanggan dan kemudahan dalam proses melayani sesuatu hal sebaiknya menjadi prioritas utama dalam pelaksanaannya agar dapat segera memenuhi harapan pelanggan Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan atau Jasa dan Kepuasan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 28 Aug 2015 14:44
    Last Modified: 30 Aug 2015 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16768

    Actions (login required)

    View Item