EFEKTIVITAS PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT BAGI RUMAH TANGGA SASARAN DI KECAMATAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013 (Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Kelas XI Semester I Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Dasar Dinamika Dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia Di Indonesia Untuk Pembangunan)

SUDIRO, AGUS (2015) EFEKTIVITAS PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT BAGI RUMAH TANGGA SASARAN DI KECAMATAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013 (Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Kelas XI Semester I Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Dasar Dinamika Dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia Di Indonesia Untuk Pembangunan). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (897Kb) | Preview

    Abstract

    Agus Sudiro, EFEKTIVITAS PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT BAGI RUMAH TANGGA SASARAN DI KECAMATAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013. TESIS. Pembimbing I: Dr. Muhammad Gamal Rindarjono, M.Si, II: Prof.Drs. H Sigit Santoso, M.Pd. Program Studi Pendidikan dan Kependudukan Lingkungan Hidup. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Surakarta Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mengetahui Persebaran Keluarga Miskin di Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun 2013(2) Mengetahui Persebaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun 2013 (3) Mengetahui Efektifitas Penyaluran BLSM di Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun 2013 (4) Mengetahui kemanfaatan BLSM bagi RTS di Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun 2013. (5) Menyusun bahan ajar geografi pada kompetensi dasar menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Spasial. Populasi penelitian adalah Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima BLSM di Kecamatan Tanon. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dan simple random sampling dengan sampel sebanyak 100 RTS, Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi lapangan (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Dari 17.686 KK di kecamatan Tanon, sebanyak 7.793 KK merupakan KK miskin, KK miskin di Desa Bonagung yaitu sebesar 830 KK, dan terendah di Desa Suwatu yaitu sebesar 279 KK. (2) Dari 7.793 KK yang tergolong miskin, 5.588 KK adalah RTS penerima BLSM. (3) Melalui perhitungan 14 ktriteria miskin didapatkan 37 RTS merupakan RTS layak BLSM, sedangkan menurut kecukupan kalori terdapat 76 RTS layak menerima BLSM. Dengan demikian penerima BLSM di Kecamatan Tanon tahun 2013 dinyatakan efektif dengan nilai keefektivan 76%. (4) Dengan mempergunakan variabel pendapatan, harga beras, dan gaya hidup diketahui bahwa RTS penerima BLSM dapat merasakan manfaat dari program tersebut, tingkat kemanfaatan pada variabel pendapatan dan daya beli terhadap beras 91%, serta gaya hidup 89%.(5) Penelitian ini merupakan pendukung bahan ajar mata pelajaran geografi kelas XI Semester I Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Dasar Dinamika Dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia Di Indonesia Untuk Pembangunan. Kata Kunci : Penduduk Miskin, RTS, Efektivitas Penyaluran BLSM, Kemanfaatan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 28 Aug 2015 15:04
    Last Modified: 28 Aug 2015 15:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16767

    Actions (login required)

    View Item