PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF 1 SMK PGRI 1 SURAKARTA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mukti, Adnan Anggoro (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF 1 SMK PGRI 1 SURAKARTA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (339Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta pada mata diklat Otomotif Dasar tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta pada mata diklat Otomotif Dasar tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas, dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari guru, siswa, proses pembelajaran, dan dokumen. Validitas data dibuktikan dengan member check, triangulasi, audit trail, expert opinion, dan key respondents review. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Keaktifan siswa pada pratindakan hanya 14% dan prestasi siswa rendah yaitu 45% siswa tidak lulus. Peningkatan terjadi pada siklus I. Keaktifan siswa dari pratindakan 14% menjadi 59% pada siklus I. Prestasi siswa dari 55% lulus menjadi 68% lulus pada siklus I. Pelaksanaan siklus II keaktifan siswa meningkat 17%, dari 59% pada siklus I menjadi 76% pada siklus II, dan prestasi belajar siswa meningkat 16% yaitu 84 % siswa lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata diklat Otomotif Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Keaktifan, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 28 Aug 2015 13:36
    Last Modified: 28 Aug 2015 13:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16758

    Actions (login required)

    View Item