ANALISIS MISKONSEPSI DINAMIKA PARTIKEL PADA BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X

Hidayat, Anwar (2015) ANALISIS MISKONSEPSI DINAMIKA PARTIKEL PADA BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (339Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Anwar Hidayat. ANALISIS MISKONSEPSI DINAMIKA PARTIKEL PADA BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) besarnya persentase kelengkapan konsep pada konsep dinamika partikel dalam setiap buku didasarkan pada jumlah konsep yang terdapat pada silabus acuan, (2) besarnya persentase miskonsepsi pada materi pokok dinamika partikel dalam tiga buah buku ajar yang diteliti, (3) gambar yang salah pada konsep dinamika partikel dalam buku ajar yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Obyek penelitian adalah konsep dinamika partikel dalam ketiga buku. Buku yang pertama adalah buku berjudul Fisika untuk SMA/MA kelas X karangan Marthen kanginan yang diterbitkan oleh Erlangga pada tahun 2013, buku kedua berjudul FISIKA untuk SMA/MA kelas X peminatan karangan Sunardi dan Siti Zaenab yang diterbitkan oleh Yrama Widya pada tahun 2013, buku ketiga berjudul FISIKA peminatan matematika dan ilmu alam umtuk SMA/MA X karangan Sufi Ana Rufaida dan Sarwanto, tahun 2013 yang diterbitkan oleh Mediatama. Penelitian dilakukan dengan cara menguji konsep yang ada dalam buku halaman per halaman kemudian membandingkannya dengan buku Fisika Universitas dan wawancara tim ahli. Data yang telah dikumpulkan kemudian disajikan dalam tabel. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Persentase kelengkapan buku ajar dalam konsep dinamika partikel sesuai silabus pada ketiga buku yang diteliti adalah 100%, (2) Persentase miskonsepsi konsep dinamika partikel dalam buku ajar sesuai silabus pada buku pertama sebesar 0%, buku kedua sebesar 0%, dan buku ketiga sebesar 0%. Persentase miskonsepsi konsep dinamika partikel dalam buku ajar secara keseluruhan pada buku pertama sebesar 0%, buku kedua sebesar 0%, dan buku ketiga sebesar 0%, (3) Jumlah gambar yang salah pada konsep dinamika partikel dalam buku ajar pertama adalah 1 buah, buku ajar kedua empat buah, dan buku ajar ketiga enam buah. Kata Kunci: miskonsepsi, dinamika partikel, buku ajar fisika SMA.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 28 Aug 2015 12:28
    Last Modified: 28 Aug 2015 12:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16749

    Actions (login required)

    View Item