PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN DIKLAT 2014/2015

Sidharta, Anita (2015) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN DIKLAT 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (830Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Anita Sidharta K7410019, PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN DIKLAT 2014/2015. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan kecerdasan emosi secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta. (2) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta. (3) Pengaruh kecerdasan emosi secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Batik 1 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Berdasarkan penghitungan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 74 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel kegiatan ekstrakurikuler dan kecerdasan emosi sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan dokumentasi berupa nilai rapor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan uji F diperoleh nilai Fhitung 31,907 > Ftabel 3,126. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai thitung 5,363 > ttabel 1,993. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai thitung 5,008 > ttabel 1,993. Kata kunci : prestasi belajar, ekstrakurikuler, kecerdasan emosi

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 28 Aug 2015 10:58
    Last Modified: 06 Sep 2016 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16724

    Actions (login required)

    View Item