PENGARUH KARAKTERISTIK INSPEKTORAT DAERAH TERHADAP KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia)

Kusumaningrum, Nur Aini (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK INSPEKTORAT DAERAH TERHADAP KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (404Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang kinerja pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik inspektorat daerah terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 194 pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia pada tahun 2012. Sumber data pada penelitian ini berupa data softcopy mengenai jumlah dan jenjang peran auditor serta skor Internal Audit Capability Model (IA-CM) yang diperoleh dari BPK RI. Selain itu, data lain yang dibutuhkan adalah total aset yang dimiliki pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia yang diperoleh dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Penelitian ini menggunakan model regresi berganda (multiple regression model). Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa jumlah auditor dan jenjang peran sebagai auditor ahli berpengaruh secara positif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Di samping itu, level kapasitas inspektorat daerah di Indonesia tidak berpengaruh secara positif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Penelitian ini menunjukkan hasil uji koefisien determinasi relative kecil yang berarti penelitian ini lebih banyak dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian yang berpengaruh terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Salah satu keterbatasan yang ada dalam penelitian ini adalah data yang tidak dipublikasikan sehingga aksesnya terbatas. Kata Kunci : Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, inspektorat daerah, internal auditor, akuntabilitas, IA-CM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 28 Aug 2015 11:05
    Last Modified: 28 Aug 2015 11:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16723

    Actions (login required)

    View Item