PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SMASH MENGGUNAKAN ALAT BANTU BOLA DIGANTUNG DAN BOLA DIUMPAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2013

HALIM, ABDUL (2015) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SMASH MENGGUNAKAN ALAT BANTU BOLA DIGANTUNG DAN BOLA DIUMPAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (101Kb) | Preview

    Abstract

    Abdul Halim. PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU BOLA DIGANTUNG DAN BOLA DIUMPAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SMA MTA SURAKARTA TAHUN 2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan menggunakan alat bantu bola digantung dan latihan bola diumpan teman terhadap kemampuan smash kedeng sepak takraw pada siswa putra ekstrakurikuler sepak takraw SMA MTA Surakarta tahun 2013, (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan bola digantung dan latihan bola diumpan teman terhadap kemampuan smash kedeng sepak takraw pada siswa putra ekstrakurikuler sepak takraw SMA MTA Surakarta tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain Pre Test – Post Test Group Design. Penelitian ini penelitian populasi dimana subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada yaitu siswa putra ekstrakurikuler sepak takraw SMA MTA Surakarta. Populasi penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran smash sebanyak 10 kali untuk mengukur kemampuan smash kedeng sepak takraw. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji–t atau uji perbedaan dengan taraf signifikasi 5%, dengan uji prasyarat melalui uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hal sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Latihan Smash dengan Alat Bantu Bola Digantung dan Bola Diumpan Teman terhadap Kemampuan Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sepak Takraw SMA MTA Surakarta tahun 2013, (t hitung = 2,049 > t tabel= 2,048). (2) Latihan Smash dengan Bola Diumpan Teman memiliki pengaruh yang lebih baik dan efektif dari pada Latihan Smash dengan Alat Bantu Bola Digantung terhadap peningkatan Kemampuan Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sepak Takraw SMA MTA Surakarta tahun 2013. Peningkatan Kemampuan Smash Kedeng Sepak Takraw kelompok I (kelompok yang mendapat perlakuan metode Alat Bantu Bola Digantung) = 19,72 % < kelompok II (kelompok yang diberi perlakuan Bola Diumpan Teman) = 46,48 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Latihan Smash dengan Alat Bantu Bola Digantung dan Bola Diumpan Teman terhadap Kemampuan Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sepak Takraw SMA MTA Surakarta tahun 2013, (2) Latihan Smash dengan Bola Diumpan Teman memiliki pengaruh yang lebih baik dan efektif dari pada Latihan Smash dengan Alat Bantu Bola Digantung terhadap peningkatan Kemampuan Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sepak Takraw SMA MTA Surakarta tahun 2013. Kata Kunci: Latihan Smash Kedeng, Smash Kedeng, Sepak Takraw, Latihan Smash dengan Alat Bantu Bola Digantung, Latihan Smash dengan Bola Diumpan Teman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 28 Aug 2015 11:00
    Last Modified: 28 Aug 2015 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16696

    Actions (login required)

    View Item