Pengaruh Geometri Penampang Kampas Rem Cakram Terhadap Getaran dan Indikasi Squeal yang Muncul Saat Pengereman Pada Molina UNS

Alazhar, Rifai Prima (2014) Pengaruh Geometri Penampang Kampas Rem Cakram Terhadap Getaran dan Indikasi Squeal yang Muncul Saat Pengereman Pada Molina UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (157Kb) | Preview

    Abstract

    Jurusan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret turut berperan serta dalam pengembangan mobil listrik nasional (Molina UNS). Salah satu komponen utama dalam sebuah mobil adalah sistem rem. Molina UNS menggunakan jenis rem cakram pada keempat rodanya. Pada jenis rem ini dapat timbul gangguan berupa squeal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dinamik rem cakram saat pengereman dan mengkaji pengaruh geometri penampang kampas terhadap potensi squeal yang mungkin terjadi. Analisis dilakukan dengan simulasi elemen hingga menggunakan software ANSYS 14.5. Variabel pengereman yang diberikan yaitu tekanan 0,6 MPa pada kampas rem, rotasi cakram sebesar 5 rad/s, dan koefisien gesek 0,405. Variasi geometri penampang kampas yang disimulasikan yaitu kampas rem tanpa alur, alur tunggal, alur ganda, dan chamfered. Nilai eigen hasil simulasi diekstraksi pada frekuensi 0 – 13 kHz. Hasil simulasi menunjukkan mode getar tak stabil yang berpotensi squeal pada konfigurasi I, II, III, IV secara berurutan terjadi pada frekuensi 8769 Hz, 8713 Hz ,11737 Hz, dan 11460 Hz. Mode getar tak stabil didominasi oleh mode tekuk (bending) dan mode puntir (twisting) pada bagian kampas rem cakram. Kampas dengan konfigurasi chamfered memiliki potensi squeal terkecil.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 12 Nov 2015 17:21
    Last Modified: 12 Nov 2015 17:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16685

    Actions (login required)

    View Item