PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BAGIAN UMUM BADAN PEMBERDAYAAN USAHA MILIK DAERAH KABUPATEN SRAGEN

PURBA, AHMAD GADING (2014) PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BAGIAN UMUM BADAN PEMBERDAYAAN USAHA MILIK DAERAH KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3293Kb) | Preview

    Abstract

    Ahmad Gading Purba. D1510002. Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Bagian Umum BadanPemberdayaan Usaha Milik Daerah KabupatenSragen. Diploma III Manajemen Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Tugas Akhir. 49 Halaman Surat merupakan salah satu alat dan sarana komunikasi disamping telepon, radio, televisi, telegram, telex dan sebagainya. Surat yang masuk dan keluar pada suatu instansi baik instansi pemerintah maupun instansi swasta memiliki nilai yang sangat penting bagi kelangsungan atau perkembangan intstansi tersebut, baik sebagai alat komunikasi, sebagai pusat ingatan dan sebagai bukti outentik. Dilihat dari prosedur pengurusan surat, pengelolaan surat dapat menggunakan dua model yaitu dengan menggunakan kartu kendali dan juga buku agenda. Seperti pada BagianUmumBadanPemberdayaanUsaha Milik Daerah KabupatenSragen dalam pengurusan surat masuk menggunakan kartu kendali. Maka dari itu surat tersebut harus dapat dikelola dengan baik dan benar. Mengingat fungsi surat yang cukup penting maka sebaiknya instansi juga mengusahakan agar proses penyimpanan surat dapat dilakukan dengan baik dan mengikuti prosedur. Karena hal tersebut dapat mempermudah dalam pencarian surat-surat tersebut. Untuk menjelaskan pengertian prosedur yaitu menurut The Liang Gie (1986), Ida Nuraida (2008), Ig. Wursanto (1995), Mulyadi (2001), pengertian pengelolaan menurut M.C Maryati (2008), T. Hani Handoko (1985), dan pengertian surat menurut A.W Widjaja (1993), Ida Nuraida (2008). Pengamatanini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan lebih jelas tentang Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Bagian Umum BadanPemberdayaan Usaha Milik Daerah KabupatenSragen. Metode pengamatan yang digunakan bersifat diskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah narasumber, dokumen dan observasi atau pengamatan langsung dilokasi. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Bagian Umum Badan Pemberdayaan Usaha Milik Daerah Kabupaten Sragen belum terlaksana secara maksimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 24 Jun 2015 18:47
    Last Modified: 24 Jun 2015 18:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16672

    Actions (login required)

    View Item