PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (7E) DISERTAI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA

RAHAYU, AGUSNITA (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (7E) DISERTAI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (576Kb) | Preview

    Abstract

    Agusnita Rahayu. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (7E) DISERTAI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai media ular tangga terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 pada pokok bahasan pencemaran. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai media ular tangga pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah bervariasi pada kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 320 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (untuk pengambilan data afektif), tes pilihan ganda (untuk pengambilan data kognitif), lembar observasi (untuk pengambilan data psikomotor), dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle (7E) disertai media permainan ular tangga berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Pengaruh tersebut ditunjukkan oleh sig. 0,00 < 0,05 pada hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor, sig. 0,043 < 0,05 pada hasil belajar ranah afektif. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai media ular tangga berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Model Learning Cycle 7E, Ular Tangga, Hasil Belajar Biologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 24 Jun 2015 18:38
    Last Modified: 24 Jun 2015 18:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16671

    Actions (login required)

    View Item