IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA (STUDI KASUS)

Yuliyanto, Agus (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA (STUDI KASUS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (574Kb) | Preview

    Abstract

    Agus Yuliyanto. K1210003. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA (STUDI KASUS). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juni 2014. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Surakarta dalam implementasi kurikulum 2013; (2) proses penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Surakarta dalam implementasi Kurikulum 2013; (3) kendala-kendala yang timbul dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas kelas X SMK Negeri 6 Surakarta dalam implementasi Kurikulum 2013;dan (4) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala-kendala yang ditemui dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas kelas X SMK Negeri 6 Surakarta dalam implementasi Kurikulum 2013. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif (interactive model of analysis) yang meliputi empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) perencanaan dan proses pembelajaran masih menemui beberapa kesulitan dalam pelaksanaannya; (2) proses evaluasi sudah berjalan dengan baik, dan teknik evaluasi yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum 2013; (3) kendala yang ada banyak ditemukan dari keseluruhan proses pembelajaran, baik dari perencanaan hingga evaluasi; (4) guru telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia. Kesimpulannya, penerapan kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Surakarta sudah berjalan dengan baik. Namun, dalam penerapannya perlu banyak penyempurnaan, baik dalam perencanaan hingga proses evaluasi guru. Kata Kunci : implementasi, kurikulum, pembelajaran bahasa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 24 Jun 2015 18:31
    Last Modified: 24 Jun 2015 18:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16670

    Actions (login required)

    View Item