PENGGUNAAN MEDIA KARTU ULAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI PONOWAREN 02 KECAMATAN TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

P, AGUS SULISTIANA (2014) PENGGUNAAN MEDIA KARTU ULAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI PONOWAREN 02 KECAMATAN TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (7Mb) | Preview

    Abstract

    Agus Sulistiana P, PENGGUNAAN MEDIA KARTU ULAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI PONOWAREN 02 KECAMATAN TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan melalui penggunaan media kartu ular pada siswa kelas II SD Negeri Ponowaren 02, Tawangsari, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 siswa kelas II SD negeri Ponowaren 02, Tawangsari, Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi model deskriptif komparatif.Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi. Peningkatan pemahaman konsep dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep perkalian bilangan siswa sebelum tindakan sebesar 60. Pada siklus I menjadi 79,7 dan pada siklus II menjadi 89,6. Siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥ 65) pada pra-tindakan ada 6 siswa (37,5%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (87,5%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 16 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu ular dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan pada siswa kelas II SD Negeri Ponowaren 02, Tawangsari,Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Kartu Ular, Pemahaman Konsep, Perkalian Bilangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 12 Jun 2015 05:43
    Last Modified: 12 Jun 2015 05:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16630

    Actions (login required)

    View Item