KEEF EKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KARI E R DENGAN MELALUI PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER (Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/ 2014)

HARTANTO, AGIT PURWO (2014) KEEF EKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KARI E R DENGAN MELALUI PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER (Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/ 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    Agit Purwo Hartanto. KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DENGAN MELALUI PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 WONOGIRI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan karier dengan melalui peta pikiran untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri IV Wonogiri. Penelitian ini adalah Eksperimen semu, yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelompok masing-masing bertindak sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dengan pemberian pre-test pada kedua kelompok, pemberian perlakuan pada kelompok eksperimen, dan diakhiri dengan pemberian post test pada kedua kelompok. Perlakuan pemberian layanan bimbingan karier dengan melalui peta pikiran dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subyek adalah perserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Wonogiri. Pengambilan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datan menggunakan angket dengan kriteria r hitung > r tabel. Hasil uji validitas dan reliabilitas angket diperoleh 55 item yang valid dan reliabel. Teknik analisis data validitas menggunakan product moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach melalui aplikasi SPSS. Hasil analisis data uji beda terhadap nilai post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,01. Selain itu nilai post-test pada kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata lebih tinggi dari pada kelompok kontrol dengan selisih 53,89. Selanjutnya uji beda hasil pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen menunjukkan bawa 0,000 < 0,01. Dengan demikian Ho penelitian ditolak dan Ha diterima, sehingga perlakukan terhadap kelompok eksperimen dalam penelitian ini mengakibatkan peningkatan kondisi akhir kemampuan perencanaan karier. Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan karier dengan melalui peta pikiran efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier peserta didik kelas VIII SMP Negeri IV Wonogiri. Kata kunci : layanan bimbingan karier, peta pikiran, kemampuan perencanaan karier.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 10 Jun 2015 09:01
    Last Modified: 10 Jun 2015 09:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16625

    Actions (login required)

    View Item