KINERJA REAKTOR ELEKTROKIMIA BATCH ALUMUNIUM BESI DENGAN VARIASI RASIO ELEKTRODA CAIRAN UNTUK PENGOLAHAN AIR LIMBAH BATIK

MUCHSHON, AFIF (2014) KINERJA REAKTOR ELEKTROKIMIA BATCH ALUMUNIUM BESI DENGAN VARIASI RASIO ELEKTRODA CAIRAN UNTUK PENGOLAHAN AIR LIMBAH BATIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Afif Muchshon, 2014. Kinerja REB-AB dengan Variasi Rasio Elektroda Cairan untuk Pengolahan Air Limbah Batik. Tugas Akhir Program Studi Diploma III Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Air limbah dari industri batik tidak boleh dialirkan secara sembarangan ke lingkungan, baik melalui saluran pembuangan terbuka maupun langsung ke badan air. Hal ini dikarenakan air limbah batik mengandung beberapa zat berbahaya yang dapat mencemari lingkungan. Untuk itu diperlukan upaya-upaya strategis untuk mengelola air limbah industri batik agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem. Ada beberapa parameter yang harus dipenuhi sebelum air buangan/air limbah dialirkan ke badan air. Peraturan ambang batas persyaratan harus dilaksanakan terkait spesifikasi jumlah bahan pencemar (polutan) yang dibuang disebut Baku Mutu. Air limbah batik harus memenuhi standard air buangan (effluent standard) sebelum masuk ke badan air penerima. Untuk mendapatkan standard air buangan maka air limbah industri batik harus melalui proses pengolahan. Untuk membantu permasalahan yang dialami oleh industri kecil pengrajin batik maka dilakukan penelitian mengenai inovasi alat pengolahan air limbah industri batik berupa reaktor elektrokimia. Penelitian ini menganalisis kinerja model Reaktor Elektrokimia Batch (REB) dengan anoda Alumunium (A) dan katoda Besi (B), yang selanjutnya disingkat menjadi REBAB. Dengan melakukan penelitian variasi Rasio Elektroda Cairan (REC) sehingga menghasilkan komponen yang efisien untuk bisa diaplikasikan pada industri batik skala rumah tangga. Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknik Penyehatan Jurusan Teknik Sipil, dan Laboratorium Proses Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik UNS. Metode pengolahan data menggunakan perhitungan analisis data numerik dan persamaan-persamaan dari teori yang berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara besar REC terhadap laju penggunaan daya, timbulan suhu, dan efisiensi. Untuk komponen yang ditinjau pada penelitian ini menghasilkan komponen paling optimal adalah 2AB11-5 dengan REC 7,2 dan jarak elektroda 1,5 cm yang menghasilkan efisiensi sebesar 83,16%. Kata kunci : limbah, reaktor, alumunium, besi, arus, suhu, dan efisiensi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 10 Jun 2015 08:56
    Last Modified: 10 Jun 2015 08:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16624

    Actions (login required)

    View Item