EFISIENSI PENGGUNAAN ANGGARAN KEUANGAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DENGAN TEKNIK DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2009-2012)

BAGASKORO, BRIZAN SENA (2014) EFISIENSI PENGGUNAAN ANGGARAN KEUANGAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DENGAN TEKNIK DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2009-2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (608Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji dan menganalisis tingkat efisiensi penggunaan anggaran keuangan masing-masing fakultas di Universitas Sebelas Maret Surakarta, (2) mengetahui fakultas mana yang belum mencapai tingkat efisiensi penggunaan anggaran keuangan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum (PPK-BLU) maksimal, pada tahun ajaran 2009-2012, (3) memberikan solusi dan rujukan (peers of target) untuk fakultas yang belum mencapai tingkat efisiensi relatif penggunaan anggaran keuangan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum maksimal dan mempertahankan fakultas yang sudah maksimal tingkat efisiensi penggunaan anggaran keuangan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus Penelitian adalah mengetahui, mengkaji, dan menganalisis fakultas yang belum mencapai tingkat efisiensi penggunaan anggaran keuangan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum (PPK-BLU) maksimal masing-masing fakultas di Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 2009-2012. Solusi dan rujukan (peers of target) untuk fakultas yang belum mencapai tingkat efisiensi penggunaan anggaran keuangan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum maksimal dan mempertahankan fakultas yang sudah maksimal tingkat efisiensi relative penggunaan anggaran keuangan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data Envelopment Analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tingkat efisiensi maksimal tahun 2009 dapat dicapai oleh Fakultas ISIP, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA dengan tingkat efisiensi 100%, sedangkan Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, dan Fakultas KIP dengan tingkat efisiensi relatif sebesar 85,06%, 89,68%, 82,07%; (4) Tingkat efisiensi maksimal tahun 2012 dapat dicapai oleh Fakultas Sastra, , Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan Fakultas KIP dengan tingkat efisiensi 100%, sedangkan Fakultas ISIP, Fakultas Pertanian dan Fakultas MIPA dengan tingkat efisiensi relatif sebesar 97,88%, 81,75% dan 87,03%. Kata kunci: efisiensi, anggaran keuangan, pengelolaan badan layanan umum, data envelopment analysis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 30 May 2015 09:08
    Last Modified: 30 May 2015 09:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16583

    Actions (login required)

    View Item