EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

NURHAYATI, ARIANI (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (409Kb) | Preview

    Abstract

    Ariani Nurhayati. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SUB MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning pada submateri persamaan garis lurus menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model konvensional, (2) manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada submateri persamaan garis lurus, siswa dengan gaya belajar tipe auditorial, visual atau kinestetik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan gaya belajar auditorial, visual atau kinestetik, (4) pada masing-masing gaya belajar siswa, manakah yang memberikan prestasi lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning atau model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014 sejumlah 167 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sejumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dalam penelitian ini digunakan uji persyaratan eksperimen yaitu uji keseimbangan menggunakan uji-t dan uji normalitas dengan metode Lilliefors. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning pada submateri persamaan garis lurus menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model konvensional. (2) Siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika sama baiknya dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial pada sub materi persamaan garis lurus. Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik pada sub materi persamaan garis lurus. Siswa dengan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik pada sub materi persamaan garis lurus. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika sama baiknya dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik. (4) Pada masing-masing gaya belajar siswa terhadap pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan Quantum Learning menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Think Pair Share, Quantum Learning, Gaya Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 30 May 2015 07:45
    Last Modified: 30 May 2015 07:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16576

    Actions (login required)

    View Item