MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI DENGAN BERMAIN LOMPAT VERTIKAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUMBEREJO WADASLINTANG WONOSOBO

Suroyo, Suroyo (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI DENGAN BERMAIN LOMPAT VERTIKAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUMBEREJO WADASLINTANG WONOSOBO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (120Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi, dengan bermain lompat vertikal pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sumberejo Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, lembar observasi, angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu ketertkaitan antara tiga komponen antara lain : pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat menunjukkan bahwa dengan bermain lompat vertikal dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus I, mayoritas siswa sangat antusias dan sebagian kecil siswa masih takut melakukan lompatan dalam mengikuti pembelajaran, dari 18 siswa masih ada 6 siswa yang belum tuntas atau 33,33%, dengan rerata kelas 75,46 sedangkan pada siklus II bagi siswa yang takut diberi motivasi dan kesempatan untuk melakukan latihan lompatan bermain lompat vertikal dengan media yang tersedia sehingga tingkat ketuntasan klasikal yang dicapai siswa sebesar 83,33% dengan rerata kelas sebesar 81,02. Simpulan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lompat tinggi dengan bermain lompat vertikal pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sumberejo Wadaslintang, Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : hasil belajar, lompat tinggi, bermain lompat vertikal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 15 May 2015 14:15
    Last Modified: 15 May 2015 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16476

    Actions (login required)

    View Item