IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PEER TUTORING DILENGKAPI HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATERI STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X IPA 6 SMAN 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

ISHARTONO, BAYU (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PEER TUTORING DILENGKAPI HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATERI STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X IPA 6 SMAN 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (244Kb) | Preview

    Abstract

    Bayu Ishartono. K3310017. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PEER TUTORING DILENGKAPI HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATERI STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X IPA 6 SMAN 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. September 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses belajar berupa aktivitas siswa pada materi stoikiometri dan (2) kualitas hasil belajar dalam kompetensi sikap dan pengetahuan siswa pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 SMAN 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/ 2014 yang telah diberlakukan Kurikulum 2013. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tentang implementasi model pembelajaran Problem Solving berbantuan Peer Tutoring dilengkapi hierarki konsep di materi stoikiometri pada siswa kelas X IPA 6 SMAN 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/ 2014 menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kualitas proses belajar dapat dilihat dari aktivitas siswa dimana pada siklus I diperoleh persentase sebanyak 69,3% dan pada siklus II diperoleh hasil 78,5%, serta (2) peningkatan kualitas hasil belajar dapat dilihat dari hasil penilaian pada kompetensi sikap dan pengetahuan. Ketuntasan belajar siswa pada kompetensi pengetahuan memperoleh persentase dari 55,2% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,2% pada siklus II serta ditunjang dengan penilaian pada aspek kompetensi sikap menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 78,7% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II. Kata kunci: problem solving, peer tutoring, hierarki konsep, kualitas proses dan hasil belajar, stoikiometri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 14 May 2015 08:15
    Last Modified: 14 May 2015 08:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16469

    Actions (login required)

    View Item