ANALISA SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK ATAS PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus pada BRI Unit Di Surakarta)

Sulasih, Kaendah (2014) ANALISA SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK ATAS PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus pada BRI Unit Di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (226Kb) | Preview

    Abstract

    Aktivitas pemberian kredit merupakan aktivitas utama yang ada pada lembaga keuangan perbankan. Masalah keamanan kredit merupakan masalah yang perlu diperhatikan, karena adanya risiko kredit yang mungkin timbul dalam sistem pemberian kredit. Adanya risiko kredit ini mengakibatkan macetnya kredit yang diberikan yang nantinya akan berdampak pada kinerja keuangan bank. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengendalian untuk menilai pengendalian intern dan untuk mengetahui kebijakan manajemen bank dalam melakukan tugas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pemberian kredit dan untuk mengetahui keefektifan dan kesesuaian penerapan sistem pengendalian intern terkait pemberian kredit UMKM pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Unit Surakarta dengan teori yang ada. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 BRI Unit yang ada di Surakarta. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif pendekatan kualitatif melalui metodologi studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Unit Surakarta telah melakukan prosedur pemberian kredit sesuai dengan Undang-Undang Perbankan Indonesia. Selain itu, penerapan sistem pengendalian intern atas pemberian kredit UMKM sudah dilaksanakan secara efektif dengan tingkat keefektifan sebesar 92,65% dan sesuai dengan teori yang ada. Kata Kunci: Sistem pengendalian intern, prosedur pemberian kredit

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 May 2015 18:21
    Last Modified: 12 May 2015 18:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16460

    Actions (login required)

    View Item