PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASISTED INDIVIDUALITY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLABASKET PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Dirgantara, Adhi Nur (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASISTED INDIVIDUALITY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLABASKET PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    Adhi Nur Dirgantara. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASISTED INDIVIDUALITY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLABASKET PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatkan hasil lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karanganyar, tahun pelajaran 2012 / 2013, dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI (Team Asisted Individuality). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karanganyar, tahun pelajaran 2012 / 2013 berjumlah 32 orang yang terdiri atas 10 siswa putra dan 22 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi, dan penilaian hasil belajar lay up shoot bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil : Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI (Team Asisted Individuality), sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karanganyar. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil belajar lay up shoot bola basket pada kategori Baik sekali sebesar 0%, baik sebesar 6,25% dan cukup sebesar 62,50%, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa. Pada siklus II hasil belajar lay up shoot bola basket dalam kategori baik sekali sebesar 0%, baik sebesar 15,62% dan cukup sebesar 65,62%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Asisted Individuality) untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 Kata kunci = Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI (Team Asisted Individuality) dan Hasil belajar Lay up kanan bola basket

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 12 May 2015 07:33
    Last Modified: 12 May 2015 07:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16452

    Actions (login required)

    View Item