ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL–SOAL FISIKA PADA MATERI POKOK TEKANAN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Rohmawati, Hanifa (2014) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL–SOAL FISIKA PADA MATERI POKOK TEKANAN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (179Kb) | Preview

    Abstract

    Hanifa Rohmawati. ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL–SOAL FISIKA PADA MATERI POKOK TEKANAN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pola kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fisika yang dikerjakan oleh siswa pada materi pokok Tekanan, (2) untuk mengetahui penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal Fisika materi pokok Tekanan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas VIII D dan VIII E SMP Negeri IV Purwantoro dengan 62 siswa sebagai subjek penelitian. Pemilihan siswa tersebut dilakukan dengan teknik teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan wawancara, wawancara dilakukan dengan 10 siswa sebagai subjek penelitian, sampel dipilih dengan teknik snowball sampling. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu membandingkan antara data hasil observasi guru dan siswa, data hasil test tertulis, dan data hasil wawancara dengan beberapa siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokok Tekanan adalah (a) kesalahan terjemahan (79,03 %) berupa kesalahan dalam memahami maksud soal, kesalahan dalam menafsirkan keterangan dalam soal, (b) kesalahan konsep (80,65 %) berupa kesalahan dalam memahami konsep Tekanan, baik pada konsep Tekanan benda padat, cair, maupun gas, (c) kesalahan strategi (80,65 %) berupa kesalahan dalam dalam menentukan langkah penyelesaian soal, dan (d) kesalahan hitung (79,03 %) berupa kesalahan dalam melakukan operasi hitung. (2) Penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa adalah (a) Kesalahan terjemahan: siswa lupa, tidak memahami simbol Fisika dari data-data yang disebutkan pada soal, dan kurang teliti dalam membaca serta memahami maksud soal. (b) Kesalahan konsep: siswa kurang belajar, kurang memperhatikan penjelasan guru, dan tidak berani mengajukan pertanyaan ketika ada materi yang belum dipahami sehingga siswa salah dalam memahami suatu konsep, (c) Kesalahan strategi: siswa lupa, kurang teliti, kurang latihan soal, kurang variasi dalam latihan penyelesaian soal, terburu-buru, dan keterbatasan waktu pengerjaan soal, (d) Kesalahan hitung: siswa kurang teliti dalam menghitung, salah memasukkan angka dalam proses perhitungan dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Kata Kunci: analisis kesalahan menyelesaikan soal,Tekanan, penelitian deskriptif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faisal dharma
    Date Deposited: 07 May 2015 10:14
    Last Modified: 14 May 2015 07:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16385

    Actions (login required)

    View Item